Pasien Jamkesmas

Oleh: Aina Us Syafaah, Erika Dwi W, Ahlisis Salamah, Ela Nurfika, Alfiatun Ni’mah, Dheo Laksono, Ahmad Sabiq (SMA Negeri 1 Pamotan,Tahun Ajaran 2014/2015) 
     Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat,inayah,dan taufikya serta hidayahnya.sehingga kami dapat menyelesaikan tugas lapangan penelitian akhir semester sosiologi dalam bentuk maupun isinya yang sangat sederhana ini.semoga makalah ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk,maupun pedoman bagi para pembaca sekalian.
      Harapan kami semoga makalah ini dapat membantu menambah pengetahuan bagi para   pembaca,sehingga kami dapat memperbaiki bentuk maupun isi makalah ini sehingga kedepannya bisa lebih baik lagi.  Makalah ini kami akui masih banyak kekurangan karena pengalaman kami yang masih kurang. Oleh karena itu kami harapkan kepada para pembaca untuk memberikan masukan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan makalah ini..
Kesehatan merupakan kebutuhan primer dalam hidup manusia. Manusia akan melakukan berbagai cara untuk mendapatkan kesehatan,salah satunya dengan mendaftar dan mendapatkan kartu sehat dari pemerintah untuk menjamin kesehatannya kelak bila terkena musibah yang ada kaitannya  dengan kesehatan dan tidak memiliki biaya,maka bisa menggunakan kartu sehat.
            Kartu sehat merupakan alternative yang paling  tepat untuk orang miskin agar kesahatannya terjamin walaupun tidak mempuyai biaya.
      Untuk mendapatkan hasil penelitian yang akurat dan sesuai dilapangan maka kami menggunakan metode wawancara sebelumnya kami telah mensurvasi beberapa orang yang kami anggap tidak mampu dan memiliki kartu sehat kemudian kami memilih 3 orang yang akan kami wawancarai untuk mengetahui beberapa hal yang ada kaitannya dengan kartu sehat dan mengambil kesimpulan. Di antara mereka kebanyakan tidak lulussekolah dan sudah tua sehingga tidak dapat komunikasi menggunakan bahasa Indonesia karena permasalahan tersebut kami wawancara dengan cara santai dan menggunakan bahasa sehari-hari seolah-olah kita sedang mengobrol agar mereka tidak tegang. Setelah melakukan wawancara sebagai bentuk rasa terima kasih karena mereka sudah berkenan untuk membantu terlaksananya tugas penelitian kami anggota kelompok mengadakan iuran untuk diberika mereka yang telah kami wawancara selain itu juga sebagai bentuk rasa perihatin dan ingin membantu karena mereka tergolong berekonomi rendah.
       Kartu sehat adalah kartu yang digunakan untuk membantu pembiayaan dan pinjaman pelayanan kesehatan bagi masyarakat miskin.Dengan adanya kartu ini masyarakat tidak hanya sebatas menerima pelayanan kesehatan tingkat pertama yang biasanya dilayani puskesmasatau fasilitas pelayanan dasar milik swasta yang bekerjasama dengan BPJS kesehatan,tetapi juga dapat diberikan pelayanan kesehatan rujukan tingkat lanjutan diberbagai rumah sakit sesuai dengan sistem dan jenjang rujukannya.Jaminan kesehatan yang diselenggarakan secara nasional ini juga dimaksudkan untuk mewujudkan mutu dan biaya dalam pelayanan kesehatan.dengan demikian adanya kartu sehat masyarakat miskin bisa mendapatkan pelayanan kesehatan dengan layak dan baik.
     Berdasarkan  penelitian dan wawancara yang telah kami lakukan terhadap tiga orang yang tidak mampu dan memiliki kartu sehat dapat kami uraikan  bahwa dengan penelitian ini dapat kami ketahui :
Setiap orang meskipun orang miskin sekalipun bisa mendapatkan layanan kesehatan dari pihak puskismas/rumah sakit dengan baik. Serta kartu kesehatan yang telah diberikan pemerintah kepada orang miskin akan berguna bagi mereka, dan dapat digunakan kapan pun mereka membutuhkan. Layanan dari rumah sakit kepada pasien menggunakan kartu sehat dan yang tidak menggunakannya mendapatkan kesamaan dan tidak dibeda-bedakan dari pihak pelayanan kesehatan, mereka mendapatkan m,akanan yang bergizi dari pihak pelayanan kesehatan.
         Penyakit yang sering di alami oleh orang miskin yaitu penyakit perut,pusing kepala,karena makanan yang dikomsumsi kurang bergizi. Penyakit yang paling parah yang dialami orang kurang mampu mendapatkan kartu sehat yaitu antara lain sakit kaki (encok,pegel linu,asam urat,dll),dan sakit tidak bisa atau susah kencing.mereka berobat dipuskesmas dan rumah sakit terdekat. Apabila mereka mempuyai penyakit yang parah akan dirujuk kerumah sakit yang lebih besar dan mempuyai alat yang lebih canggih lagi.. mereka mendapatkan layanan kesehatan dengan kartu sehat dengan baik dan ramah. Kebanyakan mereka dari pedesaan tidak ditolak oleh pihak kesehatan. Dari segi pelayanan kesahatan orang sakit dari pemerintah sudah baik dan sudah ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah,tetapi untuk biaya hidup  keluarga yang mengurus dirumah sakit/puskesmas menggunakan biaya pribadi sampai ada yang menjual kambing miliknya.sehingga mereka tidak sepenuhnya bebas tidak mengeluarkan biaya,karena mereka masih membutuhkan biaya untuk memenuhi orang yang mengurus dirumah sakit/puskesmas.

Biodata Pemilik Kartu Sehat
Orang Kesatu

 
Nama :khasanah
Tanggal Lahir:07 november 1935
Alamat:gembleng mulyo kecamatan pancur
Pekerjaan: ibu rumah tangga
Penghasilan:diberi uang oleh anak tunggalnya.
Orang Kedua
Nama:Hayati
Umur:80
Alamat: Wuwur,Kecamatan Pancur
Pekerjaan:Ibu Rumah Tangga

Orang Ketiga
Nama: Kasrinah
Tanggal Lahir: 05 September 1950
Alamat:Punggurhajo,Pancur
Pekerjaan:Buruh Batik
Penghasilan:300/Bulan

Gbr 1. Lampiran proses wawancara

Gbr 2. Lampiran usai proses wawancara

Gbr 2. Lampiran proses wawancara

Gbr 3. Lampiran usai proses wawancara

hhttp://www.4shared.com/file/92WM7nhiba/Pasien_Jamkesmas.html
http://www.4shared.com/file/92WM7nhiba/Pasien_Jamkesmas.html

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.