Kunjungan ke Rumah Industri Jamu Herbal

Sabtu, 31 Oktober 2015 KIR SMA N 1 Pamotan mengadakan kunjungan ke sebuah rumah industri jamu herbal yang bertempat di daerah Winong Pati milik ibu Sri Nur Khayanti. Beliau dilahirkan di daerah Kebumen pada tanggal 9 April 1973. Sekarang beliau tinggal di Winong Pati sejak tahun 1996 karena mengikuti suaminya. Sekarang beliau mengajar di SMP N 1 Winong sebagai pengampu mapel IPA sejak tahun 2004, selain sebagai guru IPA beliau juga sebagai guru pendamping ekstra KIR di sekolah tersebut. Sebelum mengajar di sana beliau juga pernah mengajar di SMP N 1 Gembong.

Foto. Anak-anak ekstra KIR SMA Pamotan dan Jamu Herbal
Dulu beliau pernah menempuh pendidikan di SMA Gembong dan melanjutkan kuliah di IKIP Jogja dengan jurusan Biologi, lulus pada tahun 1996. Beliau sekarang mempunyai 2 orang anak laki-laki. Anak yang pertama sekarang sudah kuliah dan anak yang kedua masih duduk dibangku SD. Beliau pernah meraih juara dua sebagai guru berprestasi tingkat kabupaten Pati pada tahun 2011 dan 2014.
Kita di rumah industri di beritahu oleh bu Nur asal usul berdirinya rumah industri jamu herbal dan sedikit pengalaman beliau. Banyak sekali jamu herbal yang diproduksinya salah satunya jamu herbal Temu Lawak. Beliau mengajari kita cara membuat jamu herbal Temu Lawak yang berwujud bubuk karena pembutan dan bahannya sangat mudah. Bahan yang harus kita sediakan sebelum membuat jamu herbal temu lawak hanya 1 kg gula dan 1 kg temu lawak.
Cara membuat jamu herbal temu Lawak sebagai berikut:
  • Pertama potonglah temulawak menjadi bagian yang lebih kecil.
  • Kedua , temulawak yang sudah potong masukkan kedalam blender. Nyalakan blender tunggu sampai temulawak halus.
  • Setelah halus matikan blender dan tuang temulawalak yang di blender tadi kedalam kain.
  • Lalu remas kain yang berisi temulawak untuk mendapatkan sarinya. Setelah selesai ampas temulawak yang sudah di peras tadi ditambahkan air lalu di peras kembali untuk mendapatkan sari temulawak lagi.
  • Selanjutnya adalah perebusan sari temulawak, pada saat perebusan sari tambahkan gula pasir sebanyak 1 kg sedikit demi sedikit . Aduk sampai gula pasir larut.
  • Setelah gula pasir larut, pindahkan sari temulawak kedalam wajan tetapi sebelum itu sari temulawak harus di saring terlebih dahulu.
  • Rebus dan aduk terus sari temulawak sekitar 30 menit sampai sari temulawak mengkristal.
  • Setelah mengkristal kecilkan api agar tidak gosong. Dan aduk terus sampai kering. Setelah kering pindahkan sari temulawak yang sudah mengkristal tadi kedalam penyaring lalu saringlah temulawak untuk memisahkan antara yang kasar dan halus. Kemudian bagian yang kasar di blender lagi agar halus.
  • Setelah itu dinginkan hasil penyaringan terlebih .
  • Dan yang terakhir setelah temulawak dingin kemaslah bubuk temulawak tersebut.
Selain memproduksi jamu herbal temu lawak juga ada produksi lainnya yaitu : sabun susu buat muka, teh, dan obat-obat herbal lainnya. [Siti Hajar]

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.